Pesan Sponsor

Tuesday, 31 January 2017

CARA MEMBEDAKAN ANTARA DAGING SAPI DAN CELENG

Beberapa tahun terakhir banyak terjadi peredaran ilegal daging celeng yang dicampur dengan daging sapi baik di jual segar di pasar tradisional atau dibuat menjadi bahan olahan seperti bakso, abon, dendeng, dan lain-lain. Apalagi menjelang hari raya. Peredaran daging celeng sering jadi berita yang dikonsumsi sehari-hari, enta di televisi, media cetak, maupun media-media lainnya.

Daging celeng sulit dibedakan dengan daging sapi, bahkan oleh pedagang daging di pasar. Untuk mengalabui konsumen daging celeng dilumuri dengan darah segar ternak sapi, sehingga bau khas daging celeng sulit ditentukan.

A. CARA MEMBEDAKAN ANTARA DAGING SAPI DAN CELENG 


Ada 5 (lima) beberapa perbedaan mendasar antara daging celeng dan sapi yang dikenali secara kasat mata yaitu warna, serat daging, tipe lemak, aroma dan textur.

1. Dari segi warna
Daging celeng memiliki warna yang lebih pucat dibandingkan dengan daging sapi, warna daging celeng mendekati warna daging ayam. Namun perbedaan ini tak dapat dijadikan pegangan, karena warna pada daging celeng oplosan biasanya dikamuflase dengan pelumuran darah sapi, walau kamuflase ini dapat dihilangkan dengan perendaman dengan air. Selain itu, ada bagian tertentu dari daging celeng yang warnanya mirip sekali dengan daging sapi sehingga sangat sulit membedakannya.


2. Dari segi serat daging

Serat daging sapi tampak padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas. Serat daging celeng tidak sepadat serat daging sapi, lebih halus dan mudah dipisahkan antar serat.


3. Dari penampakkan lemak

Daging celeng memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sementara lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Selain itu lemak pada celeng sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya sementara lemak daging sapi agak kering dan tampak berserat.


4. Dari segi tekstur


Daging sapi memiliki tekstur yang lebih kaku dan padat dibanding dengan daging celeng yang lembek dan mudah diregangkan.

5. Dari segi aroma
Daging celeng memiliki aroma anyir, sementara daging sapi memiliki aroma yang khas. Segi bau inilah yang sebenarnya senjata paling ampuh untuk membedakan antar kedua daging ini. Karena walaupun warna telah dikamuflase dan dicampur antar keduanya, namun aroma kedua daging ini tetap dapat dibedakan.

6. Karakteristik secara Umum
Secara umum karakteristik daging babi ternak dan babi hutan (celeng) mirip satu sama lain, sementara daging celeng memiliki perbedaan yang cukup banyak dengan daging sapi. Namun ketika kedua jenis daging tersebut telah dicampurkan, apalagi setelah dikamuflase dengan darah sapi, keduanya (daging celeng dan sapi) menjadi sangat sulit untuk dibedakan.

Penjualan daging celeng oplosan merupakan kegiatan yang ilegal, sehingga biasanya daging ini tidak di display di meja penjualan. Daging ini biasanya dikeluarkan ketika ada pembeli yang menanyakan, “apakah ada daging murah pak?” sehingga kita pantas menaruh curiga bila ada penjual yang menjual daging dengan harga “miring”. Sifat yang lain juga adalah lokasi penjualan yang biasanya di tempat yang gelap dan cukup terpisah dari yang lainnya supaya daging tidak menjadi pusat perhatian orang banyak.

B. PENGUJIAN DAGING BABI ATAU CELENG

Untuk mendeteksi adanya daging babi pada produk makanan dan untuk membedakan daging sapi dengan daging celeng/babi yang lebih meyakinkan dapat dideteksi melalui pemeriksaan laboratorium dengan melakukan pengujian antara lain :

    Porcine Detection Kit adalah alat deteksi cepat untuk mengidentifikasi ada tidaknya protein spesifik pada babi terdiri dari Raw Meat Detection Kit (RMDK) dan Processed Meat Detection Kit (PMDK). Dengan menggunakan alat ini maka preparasi uji lab menjadi lebih cepat (hanya 25 menit) dan sederhana, -- karena sample hanya dilarutkan ke dalam alat tersebut, mirip seperti alat uji kehamilan. Dalam hitungan menit, alat deteksi tersebut mampu mendeteksi ada tidaknya protein spesifik pada babi.
    Uji antigen-antibody menggunakan alat ELISA untuk mendeteksi ada tidaknya protein spesifik pada babi,  pengujian ini biasanya membutuhkan waktu 5 hari.

Sumber: Ditjen Peternakan dan Pertanian RI

Idealnya Anda Minum Kopi Berapa Cangkir?

Idealnya Anda Minum Kopi Berapa Cangkir - Pembaca Fulsehat yang mungkin sedang membaca tulisan ini sambil menikmati secangkir kopi. Secangkir kopi yang sedang Anda minum apakah sekedar suguhan untuk Anda sebagai tamu, atau memang jatah ngopi Anda jam ini karena Anda adalah penikmat alias maniak kopi? Kalau sekedar suguhan ya silahkan dinikmati. Kalau memang jatah rutin yang "Anda haruskan sehari semalam", sudah berapa cangkir atau gelas minuman kopi yang masuk ke dalam tubuh Anda? Kira-kira berapa cangkir atau berapa gelas sih idealnya minum kopi dalam sehari semalam itu?

image: pixabay.com

Berikut adalah lima faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengetahui seyogyanya berapa cangkir atau gelas kopi yang patut masuk ke tubuh kita. Sebagaiamana yang dilansir oleh Republika.co.id menurut laman Health, Sabtu (9/5) berikut ini yang perlu kita perhatikan berkatian dengan pertanyaan "Idealnya Anda Minum Kopi Berapa Cangkir?":

Masalah kesehatan Anda hari ini



Jika Anda sudah memiliki penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya, Anda perlu mengurangi konsumsi kopi. Intinya, jika Anda memiliki kondisi medis akut atau sedang berlangsung, juga tekanan darah Anda tidak berkisar normal, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Genetik memainkan peran



Sebab variasi genetik memengaruhi enzim tertentu, beberapa tubuh orang merespon kafein dengan lambat atau cepat. Jadi, kopi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan darah tinggi bagi mereka.

Rutinitas tidur

Satu hal yang pasti bahwa kafein bisa membuat kebanyakan orang susah tidur. Aturan praktis yang baik adalah minum kopi setidaknya enam jam sebelum tidur. Jika Anda tergoda untuk minum kopi petang hari, maka cari cara lain untuk membuat Anda lebih bersemangat, seperti jalan cepat, meditasi, atau minum segelas air dingin.

Pertimbangkan isi cangkir Anda

Banyak orang minum kopi dengan cara sembarangan, seperti mencampurkan susu, gula, atau pemanis buatan secara berlebihan. Ini bisa meningkatkan jumlah kalori secara drastis dan akhinya memberi makan sel-sel lemak. Jadi, perhatikan isi cangkir kopi Anda.

Dosis setiap orang berbeda


Dietary Guidelines Advisory Committee menyimpulkan bahwa mengonsumsi kopi moderat 3-5 cangkir delapan ons sehari atau hingga 400 miligam kafein per hari tidak menyebabkan bahaya jangka panjang bagi orang-orang yang sehat. Kata 'sehat' di sini adalah kunci yang perlu diperhatikan. Orang lain mungkin saja sudah merasa gelisah hingga sakit perut ketika baru minum secangkir kopi saja. Ada banyak dosis berbeda yang dibutuhkan setiap orang ketika minum kopi. Pertimbangkan yang terbaik untuk Anda.

Nah, point terakhir mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk takarannya. Silahkan ambil kesimpulan sendiri. Selamat menikmati secangkir kopi dihadapan Anda. Semoga bermanfaat.

Batasan Aman Konsumsi Telur

Batasan Aman Konsumsi Telur - Telur merupakan sumber nutrisi yang penting dan harganya lumayan terjangkau dengan uang di kantong (yang ada uangnya wkwkwk). Kalau tidak mau dibilang murah, setidaknya merupakan asupan nutrisi yang mudah didapatkan. Terlebih bagi masyarakat di pedesaan yang biasanya memelihara unggas. 

Tetapi rupanya banyak yang salah kaprah tentang telur ini, terutama karena kandungan kolesterol dalam telur dinilai tinggi sehingga perlu dihindari.
image: pixabay.com




Banyak pakar yang menyebut telur sebagai sumber pangan padat gizi. Artinya dengan jumlah yang sama dengan bahan pangan lain, telur mengandung gizi yang lebih banyak.

Berikut ini beberapa manfaat dan kerugian dari telur (kerugian bila tidak dapat mengetrapkan penggunaanya secara benar) sebagaimana dilansir oleh kompas com, sehingga Anda dapat menentukan berapa jumlah telur yang perlu dikonsumsi setiap minggunya.

- Kolesterol Pada Telur


Selama bertahun-tahun, telur banyak mendapat anggapan negatif karena bagian kuningnya mengandung kolesterol tinggi. Sebutir telur mengandung lebih dari setengah kebutuhan kolesterol per hari.

Namun kebanyakan orang sebetulnya salah mengira bahwa makan makanan tinggi kolesterol akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Faktanya, kolesterol merupakan substansi penting yang dihasilkan di organ hati manusia dengan tujuan membuat membran dari setiap sel di tubuh. Kolesterol juga dibutuhkan untuk produksi berbagai macam hormon yang penting untuk sistem reproduksi.

Ketika orang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, maka hati mengurangi produksi kolesterolnya. Hal itulah yang sebenarnya tidak sehat.


- Nilai Nutrisi Telur

Sebutir telur sebetulnya adalah inkubator untuk bayi ayam, karena itu wajar saja jika telur mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk bertumbuh. Telur merupakan sumber yang baik untuk antioksidan, iodin, vitamin A, B2, dan D. Harga dari telur juga relatif murah untuk ukuran sumber protein hewani. Telur juga kaya akan kolin yang merupakan nutrisi penting untuk otak.


- Konsumsi per minggu

Sejumlah studi lama tidak merekomendasikan orang untuk mengonsumsi telur lebih dari enam butir per minggu. Namun baru-baru ini, penelitian menemukan, tak ada batasan untuk mengonsumsi telur. Meski begitu, penderita diabetes perlu menghindari makan kuning telur karena mengandung kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko stroke mereka.

Ini Dia Kandungan Gizi Dalam Telur

Ini Dia Kandungan Gizi Dalam Telur - Siapa yang belum pernah meraskan makanan yang satu ini? Makanan yang mudah didapat. Murah meriah (bagi yang punya kecukupan uang tentunya. hehehe). Apalagi bagi masyarakat pedesaan. Yang punya ayam peliharaan tentunya akan mudah memperolehnya setiap hari (Tentunya kalau ayamnya lagi bertelur. Kalau ndak mau, ya paksa aja! Eh... jangan deh! Entar kena pasal KDKH. Kekerasan Dalam Kandang Hewan! wkwkwk) 
image: pixabay.com

Ngemeng-ngemeng Anda suka makan telur? Sudah tahu apa saja kandungan gizi yang ada pada telur yang Anda makan? Belum tahu? Ahhh...yang bener??? Ok deh, kalau mau tahu kandungan gizi pada telur, berikut ini lansiran kompas.com tentang kandungan gizi yang ada pada telur yang dapat pembaca ICT simak:

- Protein

 
Telur sering dijadikan standar emas sebagai pembanding sumber protein lainnya. Karena kandungan asam aminonya, sekitar 6 gram protein dalam telur lebih gampang diserap dan dipergunakan tubuh secara efisien. Telur juga hanya mengandung 74 kalori.

- Kolin

 
Kuning telur merupakan salah satu sumber nutrisi kolin. Nutrisi penting ini diperlukan untuk pertumbuhan otak janin dan juga fungsi otak pada orang dewasa.


- Lutein dan Zeaxanthin
 
Kedua zat penting yang juga ditemukan dalam sayur kale dan bayam ini juga terdapat pada kuning telur. Fungsinya antara lain mencegah kerusakan mata, terutama katarak dan degenerasi makula.

Meski kandungan lutein dan zeaxanthin dalam telur lebih sedikit daripada pada sayuran hijau, tapi fitokemikal ini lebih gampang diserap tubuh karena berada dalam lemak di kuning telur.

- Vitamin D

 
Telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang penting untuk tulang dang gigi. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan gigi dan susu.


Nah, demikian kandungan gizi yang ada pada telur yang kini dapat pembaca ketahui. Selamat makan telur. :)


Ada Pada Kuning Telur, Tapi Tidak Ada Pada Putih Telur

Ada Pada Kuning Telur, Tapi Tidak Ada Pada Putih Telur - Telur merupakan bahan makanan yang sarat akan nilai gizi. Akan tetapi, telur juga sering dikaitkan pada berbagai masalah kesehatan. Hal ini karena telur mengandung kolesterol, terutama pada bagian kuning telurnya. Seperti kita ketahui, telur terdiri dari putih telur dan kuning telur. Ternyata banyak manfaat lain yang didapat dari kuning telur.
image: pixabay.com
Berikut beberapa manfaat kuning telur yang tidak dapat Anda temukan di putih telur:

- Kuning Telur Lebih Banyak Mineralnya.

Seperti vitamin, mineral merupakan zat gizi mikro yang krusial dibutuhkan oleh tubuh. Mineral merupakan zat gizi essensial yang digunakan untuk mengelola fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur serta putih telur memiliki 13 jenis mineral, di antaranya dari kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, dan selenium. Meskipun kedua bagian telur ini sama-sama mengandung mineral, namun kuning telur memiliki kandungan yang lebih banyak untuk setiap mineral. Contohnya, 90 persen dari kalsium yang terdapat di telur berada pada kuning telur; 93 persen kandungan besi pada telur berada di bagian kuningnya, dan hanya 7 persen yang berada di bagian putihnya.

Kuning Telur Lebih Banyak Vitaminnya.

Jamaknya sering kita sebut kebanyakan vitamin ada dalam buah-buahan. Rupanya kuning telur mengandung banyak vitamin. Bahkan kuning telur mengandung lebih banyak vitamin baik jenis dan jumlahnya dibandingkan dengan putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, antara lain vitamin B6, B-12, A, D, E, K, dan folat. Vitamin A, D, E dan K hanya ditemukan di kuning telur saja, tidak di putih telur.


- Kuning Telur Bagus Untuk Kesehatan Mata

Bagi yang kurang sehat matanya, ada info bahwa karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya karotenoid lutein dan zeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut para peneliti, karotenoid ini, yang merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus.

- Manfaat Kolin Pada Kuning Telur

Kuning telur dengan vitamin, mineral, dan nutrien lain yang ada di dalamnya, juga membantu untuk memperbaiki kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Bukan hanya konsumsi telur dalam jumlah moderat yang menunjukkan manfaat bagi jantung, namun juga nutrien pada kuning telur, yaitu kolin, membantu untuk meregulasi fungsi kardiovaskuler.

Selain itu, sebuah studi di University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dengan kadar kolin yang tinggi memiliki kemungkinan 24 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit kanker payudara dibandingkan mereka yang  tidak. (kompas.com
)

Benarkah Gemar Makan Telur Beresiko Sakit Jantung?

Benarkah Gemar Makan Telur Beresiko Sakit Jantung? - Sehat tidaknya mengonsumsi telur masih menjadi kontroversi. Pendapat terbaru menyebutkan, konsumsi telur secara berlebihan akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.


Meski selama ini telur dianggap "jahat" karena kandungan kolesterolnya, tapi menurut penelitian yang dimuat dalam New England Journal of Medicine, ternyata bukan kolesterol dalam telur yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Zat metabolit yang ditemukan dalam kuning telur yang disebut licithin disebut sebagai biang keladinya. Saat lecithin dicerna, ia akan dipecah menjadi komponen yang berbeda, termasuk senyawa kimia kolin.

Ketika bakteri di usus memetabolisme kolin, akan dilepaskan kandungan yang oleh liver diubah menjadi komponen yang disebut trimethylamine N-oxide (TMAO). TMAO akan mempercepat plak dan pengumpulan kolesterol di pembuluh darah sehingga risiko penyakit jantung dan stroke meningkat.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dua minggu setelah kelompok peneliti melaporkan tentang carnitin (ditemukan di daging merah dan minuman energi) dan risiko serangan jantung. Kedua penelitian ini menunjukkan cara baru yang potensial untuk mengenali risiko pasien terkena penyakit jantung.

Lantas, perlukah kita membuang kuning telur? Belum perlu. Menurut Hazen, masih diperlukan studi lebih mendalam untuk mengonfirmasi penemuan awal ini.
 

Konsumsi dalam jumlah sedang adalah kunci. Selain itu kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi dan kolesterol karena mengandung zat kimia yang akan diubah menjadi TMAO. [kompas.com]

Saturday, 28 January 2017

Memilih Jenis Telur yang Paling Bernutrisi

Telur pada dasarnya memiliki elemen nutrisi yang sama, kecuali jika ayam diberi pakan dengan formula khusus sehingga mengubah komposisi telurnya. Di pasaran saat ini tersedia berbagai jenis telur ayam, mulai dari yang organik sampai yang diperkaya omega-3. Mana telur yang paling padat nutrisi dan sehat? Perdalam pengetahuan Anda akan telur dengan membaca tuntas tips yang pernah dilansir kompas.com, Kamis (1/11/2012) berikut ini.

- Telur organik berasal dari ayam yang diberi makanan organik bersertifikat. Ayam di peternakan ini biasanya dibiarkan berkeliaran bebas, tidak hanya diam di kandang. Namun telur berlabel organik tidak berarti produknya lebih sehat dibanding telur biasa.

- Telur yang berasal dari ayam yang mengonsumsi berbagai jenis pakan, misalnya biji-bijian dan makanan lain yang dicarinya sendiri, memiliki telur yang berbeda dengan yam yang dikurung di kandang dan diberi pakan ternak. Ayam yang dibiarkan berkeliaran, seperti ayam kampung, memiliki telur dengan kadar beta karoten, vitamin D,E, serta omega-3 lebih tinggi. Seluruh nutrisi penting itu berada di kuning telurnya. Menurut peraturan di AS, ayam jenis itu hanya boleh dikonsumsi dagingnya.

- Memberi pakan ternak yang ditambah dengan nutrisi khusus akan mengubah komposisi nutrisi dalam telurnya. Ayam yang makan makanan mengandung tambahan asam lemak omega-3 akan memproduksi telur dengan kadar omega-3 tinggi.

Omega-3 ditemukan pada minyak ikan dan diketahui bermanfaat besar untuk otak, mencegah penyakit jantung, meningkatkan sistem imun, serta perkembangan retina. Omega-3 umumnya banyak terdapat di kuning telur. Nutrisi tambahan dalam pakan ayam juga akan meningkatkan kadar vitamin E dalam telur.

- Jika Anda khawatir dengan kandungan kolesterol dalam telur, pilihlah telur yang berlabel rendah kolesterol. Telur-telur itu mengandung kolesterol 25 persen lebih sedikit dibanding telur biasa. Kadar kolesterol dalam kuning telur berkisar antara 185 miligram.


Demikian tips atau cara Memilih Jenis Telur yang Paling Bernutrisi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Thursday, 5 January 2017

Cara Sederhana, Mudah, dan Praktis Mengetahui Umur Telur

Cara Sederhana, Mudah, dan Praktis Mengetahui Umur Telur - Sebagai sumber protein hewani, telur termasuk sumber protein yang bisa dibilang sangat mudah untuk didapatkan. Selain protein dan kalsium , telur juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Tak heran cukup banyak orang yang membeli dan mengonsumsi telur setiap hari.

Siapa orangnya yang tak akan kecewa dan marah [kecuali orang yang sangaaaaaat sabaaaar sekali] jika telur yang sudah dibeli, pas mau digoreng/didadar, atau diceplok Ketuk-tuk....ehhhh...begitu pecah dan terbuka rupanya telur dah kadaluarsa. Bau lagi.
image: pixabay.com
Nah berikut ini Fulsehat posting lansiran dari ummiummi.com (18/12/2011) tentang beberapa tips atau cara untuk mengetahui umur telur yang dengan mudah dapat Anda praktekkan. Berikut tipsnya atau cara-caranya:
 
Mulailah memilih telur yang baik ketika masih di toko. Caranya Yang jelas jangan milih telur yang udah retak apalagi pecah. Kulit telurnya mulus, jadi pori-porinya masih kecil. Rongga telur makin kecil makin baik (rongganya ada di ujung telur), soalnya makin lama terjadi penguapan isi dari isi telur.

Jika beli di warung dekat rumah yang sudah bungkusan, kita bisa mengetahuinya dengan cara dicelupkan ke dalam air. Maka siapkan air dalam wadah secukupnya. Kemudian lihat kondisi telur di air. 

Apabila telur tidur pada sisinya, berarti telur itu masih baru. Kalau telur agak berdiri, berarti telur itu sudah berumur 3-7 hari. Kalau telur berdiri tegak, usiana sudah lebih dari 10 hari.

Untuk telur yang dipecahkan (digoreng misalnya), maka untuk mengetahui telur itu layak makan atau tidak, tidak mesti diputuskan dengan bau busuk dari telur tersebut.

Telur yang masih segar bila dipecahkan kuning telurnya masih utuh, dan bagian putih telurnya masih kental.

Telur yang berusia seminggu biasanya bagian putihnya agak melebar. Telur yang berusia lebih dari 10 hari biasanya sudah sangat encer alias kalau dipecahkan kuning telurnya juga pecah.


Cara Memilih Jenis Telur yang Paling Bernutrisi

Telur pada dasarnya memiliki elemen nutrisi yang sama, kecuali jika ayam diberi pakan dengan formula khusus sehingga mengubah komposisi telurnya. Di pasaran saat ini tersedia berbagai jenis telur ayam, mulai dari yang organik sampai yang diperkaya omega-3. Mana telur yang paling padat nutrisi dan sehat? Perdalam pengetahuan Anda akan telur dengan membaca tuntas tips yang pernah dilansir kompas.com, Kamis (1/11/2012) berikut ini.

- Telur organik berasal dari ayam yang diberi makanan organik bersertifikat. Ayam di peternakan ini biasanya dibiarkan berkeliaran bebas, tidak hanya diam di kandang. Namun telur berlabel organik tidak berarti produknya lebih sehat dibanding telur biasa.

- Telur yang berasal dari ayam yang mengonsumsi berbagai jenis pakan, misalnya biji-bijian dan makanan lain yang dicarinya sendiri, memiliki telur yang berbeda dengan yam yang dikurung di kandang dan diberi pakan ternak. Ayam yang dibiarkan berkeliaran, seperti ayam kampung, memiliki telur dengan kadar beta karoten, vitamin D,E, serta omega-3 lebih tinggi. Seluruh nutrisi penting itu berada di kuning telurnya. Menurut peraturan di AS, ayam jenis itu hanya boleh dikonsumsi dagingnya.

- Memberi pakan ternak yang ditambah dengan nutrisi khusus akan mengubah komposisi nutrisi dalam telurnya. Ayam yang makan makanan mengandung tambahan asam lemak omega-3 akan memproduksi telur dengan kadar omega-3 tinggi.

Omega-3 ditemukan pada minyak ikan dan diketahui bermanfaat besar untuk otak, mencegah penyakit jantung, meningkatkan sistem imun, serta perkembangan retina. Omega-3 umumnya banyak terdapat di kuning telur. Nutrisi tambahan dalam pakan ayam juga akan meningkatkan kadar vitamin E dalam telur.

- Jika Anda khawatir dengan kandungan kolesterol dalam telur, pilihlah telur yang berlabel rendah kolesterol. Telur-telur itu mengandung kolesterol 25 persen lebih sedikit dibanding telur biasa. Kadar kolesterol dalam kuning telur berkisar antara 185 miligram.


Demikian tips atau cara Memilih Jenis Telur yang Paling Bernutrisi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.