Pesan Sponsor

Thursday, 5 January 2017

Cara Sederhana, Mudah, dan Praktis Mengetahui Umur Telur

Cara Sederhana, Mudah, dan Praktis Mengetahui Umur Telur - Sebagai sumber protein hewani, telur termasuk sumber protein yang bisa dibilang sangat mudah untuk didapatkan. Selain protein dan kalsium , telur juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Tak heran cukup banyak orang yang membeli dan mengonsumsi telur setiap hari.

Siapa orangnya yang tak akan kecewa dan marah [kecuali orang yang sangaaaaaat sabaaaar sekali] jika telur yang sudah dibeli, pas mau digoreng/didadar, atau diceplok Ketuk-tuk....ehhhh...begitu pecah dan terbuka rupanya telur dah kadaluarsa. Bau lagi.
image: pixabay.com
Nah berikut ini Fulsehat posting lansiran dari ummiummi.com (18/12/2011) tentang beberapa tips atau cara untuk mengetahui umur telur yang dengan mudah dapat Anda praktekkan. Berikut tipsnya atau cara-caranya:
 
Mulailah memilih telur yang baik ketika masih di toko. Caranya Yang jelas jangan milih telur yang udah retak apalagi pecah. Kulit telurnya mulus, jadi pori-porinya masih kecil. Rongga telur makin kecil makin baik (rongganya ada di ujung telur), soalnya makin lama terjadi penguapan isi dari isi telur.

Jika beli di warung dekat rumah yang sudah bungkusan, kita bisa mengetahuinya dengan cara dicelupkan ke dalam air. Maka siapkan air dalam wadah secukupnya. Kemudian lihat kondisi telur di air. 

Apabila telur tidur pada sisinya, berarti telur itu masih baru. Kalau telur agak berdiri, berarti telur itu sudah berumur 3-7 hari. Kalau telur berdiri tegak, usiana sudah lebih dari 10 hari.

Untuk telur yang dipecahkan (digoreng misalnya), maka untuk mengetahui telur itu layak makan atau tidak, tidak mesti diputuskan dengan bau busuk dari telur tersebut.

Telur yang masih segar bila dipecahkan kuning telurnya masih utuh, dan bagian putih telurnya masih kental.

Telur yang berusia seminggu biasanya bagian putihnya agak melebar. Telur yang berusia lebih dari 10 hari biasanya sudah sangat encer alias kalau dipecahkan kuning telurnya juga pecah.


Cara Memilih Jenis Telur yang Paling Bernutrisi

Telur pada dasarnya memiliki elemen nutrisi yang sama, kecuali jika ayam diberi pakan dengan formula khusus sehingga mengubah komposisi telurnya. Di pasaran saat ini tersedia berbagai jenis telur ayam, mulai dari yang organik sampai yang diperkaya omega-3. Mana telur yang paling padat nutrisi dan sehat? Perdalam pengetahuan Anda akan telur dengan membaca tuntas tips yang pernah dilansir kompas.com, Kamis (1/11/2012) berikut ini.

- Telur organik berasal dari ayam yang diberi makanan organik bersertifikat. Ayam di peternakan ini biasanya dibiarkan berkeliaran bebas, tidak hanya diam di kandang. Namun telur berlabel organik tidak berarti produknya lebih sehat dibanding telur biasa.

- Telur yang berasal dari ayam yang mengonsumsi berbagai jenis pakan, misalnya biji-bijian dan makanan lain yang dicarinya sendiri, memiliki telur yang berbeda dengan yam yang dikurung di kandang dan diberi pakan ternak. Ayam yang dibiarkan berkeliaran, seperti ayam kampung, memiliki telur dengan kadar beta karoten, vitamin D,E, serta omega-3 lebih tinggi. Seluruh nutrisi penting itu berada di kuning telurnya. Menurut peraturan di AS, ayam jenis itu hanya boleh dikonsumsi dagingnya.

- Memberi pakan ternak yang ditambah dengan nutrisi khusus akan mengubah komposisi nutrisi dalam telurnya. Ayam yang makan makanan mengandung tambahan asam lemak omega-3 akan memproduksi telur dengan kadar omega-3 tinggi.

Omega-3 ditemukan pada minyak ikan dan diketahui bermanfaat besar untuk otak, mencegah penyakit jantung, meningkatkan sistem imun, serta perkembangan retina. Omega-3 umumnya banyak terdapat di kuning telur. Nutrisi tambahan dalam pakan ayam juga akan meningkatkan kadar vitamin E dalam telur.

- Jika Anda khawatir dengan kandungan kolesterol dalam telur, pilihlah telur yang berlabel rendah kolesterol. Telur-telur itu mengandung kolesterol 25 persen lebih sedikit dibanding telur biasa. Kadar kolesterol dalam kuning telur berkisar antara 185 miligram.


Demikian tips atau cara Memilih Jenis Telur yang Paling Bernutrisi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment