Pesan Sponsor

Tuesday, 31 January 2017

Idealnya Anda Minum Kopi Berapa Cangkir?

Idealnya Anda Minum Kopi Berapa Cangkir - Pembaca Fulsehat yang mungkin sedang membaca tulisan ini sambil menikmati secangkir kopi. Secangkir kopi yang sedang Anda minum apakah sekedar suguhan untuk Anda sebagai tamu, atau memang jatah ngopi Anda jam ini karena Anda adalah penikmat alias maniak kopi? Kalau sekedar suguhan ya silahkan dinikmati. Kalau memang jatah rutin yang "Anda haruskan sehari semalam", sudah berapa cangkir atau gelas minuman kopi yang masuk ke dalam tubuh Anda? Kira-kira berapa cangkir atau berapa gelas sih idealnya minum kopi dalam sehari semalam itu?

image: pixabay.com

Berikut adalah lima faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengetahui seyogyanya berapa cangkir atau gelas kopi yang patut masuk ke tubuh kita. Sebagaiamana yang dilansir oleh Republika.co.id menurut laman Health, Sabtu (9/5) berikut ini yang perlu kita perhatikan berkatian dengan pertanyaan "Idealnya Anda Minum Kopi Berapa Cangkir?":

Masalah kesehatan Anda hari ini



Jika Anda sudah memiliki penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya, Anda perlu mengurangi konsumsi kopi. Intinya, jika Anda memiliki kondisi medis akut atau sedang berlangsung, juga tekanan darah Anda tidak berkisar normal, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Genetik memainkan peran



Sebab variasi genetik memengaruhi enzim tertentu, beberapa tubuh orang merespon kafein dengan lambat atau cepat. Jadi, kopi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan darah tinggi bagi mereka.

Rutinitas tidur

Satu hal yang pasti bahwa kafein bisa membuat kebanyakan orang susah tidur. Aturan praktis yang baik adalah minum kopi setidaknya enam jam sebelum tidur. Jika Anda tergoda untuk minum kopi petang hari, maka cari cara lain untuk membuat Anda lebih bersemangat, seperti jalan cepat, meditasi, atau minum segelas air dingin.

Pertimbangkan isi cangkir Anda

Banyak orang minum kopi dengan cara sembarangan, seperti mencampurkan susu, gula, atau pemanis buatan secara berlebihan. Ini bisa meningkatkan jumlah kalori secara drastis dan akhinya memberi makan sel-sel lemak. Jadi, perhatikan isi cangkir kopi Anda.

Dosis setiap orang berbeda


Dietary Guidelines Advisory Committee menyimpulkan bahwa mengonsumsi kopi moderat 3-5 cangkir delapan ons sehari atau hingga 400 miligam kafein per hari tidak menyebabkan bahaya jangka panjang bagi orang-orang yang sehat. Kata 'sehat' di sini adalah kunci yang perlu diperhatikan. Orang lain mungkin saja sudah merasa gelisah hingga sakit perut ketika baru minum secangkir kopi saja. Ada banyak dosis berbeda yang dibutuhkan setiap orang ketika minum kopi. Pertimbangkan yang terbaik untuk Anda.

Nah, point terakhir mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk takarannya. Silahkan ambil kesimpulan sendiri. Selamat menikmati secangkir kopi dihadapan Anda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment