Cara Meredakan Lidah Terbakar

Cara Meredakan Lidah Terbakar

Lidah terbakar tidak selalu disebabkan paparan benda panas di lidah Anda. Beberapa orang bisa mengalami sindrom lidah terbakar, yang dapat menurunkan kualitas hidup mereka.

image: pixabay.com


Tidak hanya lidah, sensasi terbakar juga dapat dirasakan di bagian mulut lainnya. Antara lain, kekurangan nutrisi tertentu, efek obat, infeksi jamur, dan perubahan hormonal bisa menjadi penyebabnya. Namun demikian, ada tips mudah untuk mengatasi masalah ini, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Madu

Madu adalah bahan alami untuk mengobati banyak gangguan kesehatan, termasuk sensasi lidah terbakar. Pakaikan beberapa olesan tipis madu, di daerah yang Anda keluhkan dan diamkan untuk beberapa saat. Madu juga memiliki agen antiseptik yang baik untuk mencegah infeksi.

2. Soda kue

Bahan alkali ini secara alami dapat membantu menetralkan lingkungan asam dalam mulut yang dapat menyebabkan lidah terbakar. Berkumur dengan larutan soda kue juga dapat membantu membunuh jamur yang bisa menyebabkan infeksi di mulut.

3. Batu es

Meskipun ini adalah penyembuh untuk sementara waktu, batu es dapat membantu meredakan sensasi terbakar dan peradangan secara instan.

4. Makan makanan yang mengandung vitamin B

Salah satu penyebab sindrom lidah terbakar adalah kekurangan vitamin B. Untuk itu, cobalah lebih banyak mengonsumsi makanan sumber vitamin B, seperti daging, ikan, telur, kedelai, sereal, dan nasi merah.

0 Response to "Cara Meredakan Lidah Terbakar"

Post a Comment