Pesan Sponsor

Friday, 31 March 2017

Tips Sederhana dan Aman Mengobati Sariawan

Anda suka makan Burjo alias bubur kacang hijau. Kacang hijau rupanya banyak kandungan gizi dan vitaminnya (A, B1, dan C). Bagi para blogger pemula (seperti pemilik blog Fulsehat ini) yang lagi stress alias pusing mikirin google adsense terus sariawan karena panas dalam (hehehe) bisa coba resep di bawah ini. Insyaa Allah manjur. Saya pernah mencobanya sendiri ketika sariawan. Alhamdulillaah, atas izin Allah Ta'alaa sariawanku cepat sembuh.

Sebelum masuk ke cara membuat minuman herbal dari kacang hijau, menurut hasil surveyku di dumay, rupanya panas dalam bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Kondisi kelelahan, gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan, hingga ketidakseimbangan hormon, bisa ditandai oleh rasa panas di dalam tubuh.Sama halnya dengan badan Lesu tidak bergairah panas dalam sering dikeluhkan banyak orang. Sariawan, bibir pecah-pecah, dan nyeri tenggorokan merupakan gejala khasnya.

image: pixabay.com
Caranya: Ambil segenggam kacang hijau, cuci bersih, lalu rebus dengan air secukupnya (300 ml misalnya), sampai airnya menjadi hijau. Kalau sudah menghijau, angkat dan dinginkan. Nah, airnya diminum untuk mengobati sariawan karena panas dalam tersebut. Biar enak minumnya bisa ditambahkan gula jawa plus jahe secukupnya, terus minum selagi hangat. Atau bisa ditambahkan madu secukupnya. Ulangi minumnya sampai sembuh. Pagi, siang, malam usahakan untuk minum ramuan tersebut.

Kalau suami, isteri, dan anak Anda atau anggota keluarga Anda panas dalam terus sriawan atau demam, bisa juga dicoba resep tersebut. Menurut hasil penelitian, kacang hijau adalah penurun demam terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya. Hebatnya lagi, biar direbus lama, sampai hancur, kacang hijau tetap berkhasiat, tidak terpengaruh dengan panas. Berbeda dengan kacang, sayur, buah, dan bahan ramuan tradisional lainnya yang bila direbus terlalu lama, akan menurunkan khasiat pengobatannya.

Tapi ingat, mengobati dengan cara herbal harus sabar. Tantangannya adalah bosan. Karena kadang dan bahkan sering, tidak cukup sekali, bim salabim langsung sembuh seperti obat-obatan yang langsung pangkas ke penyakitnya tapi meninggalkan efek samping yang tidak baik jika terus-terusan. Beda dengan herbal, meskipun terus-terusan dikonsumsi insyaa Allah tidak berefek samping yang buruk. 

Akhirnya selamat mencoba, semoga lekas sembuh!



8 comments:

  1. Mantep nih artikel nya. Lanjuuut gan .

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mas Ilham. Silahkan dicoba resepnya kalau sariawan. :)

    ReplyDelete
  3. Haha ga usah sipikirin mah google adsense. Di pikir makin jauh, Ga dipikir akhirnya approve. Tapi bagus tipsnya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...kalau ditolak ngeyel aja daftar terus. Lama-lama entar mereka kasihan. Terus diapprove. hihihi

      Delete
    2. Selamat mencoba resepnya. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  4. Sangat bermanfaat min resepnya, semoga membantu tipsnya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Putu Jaya Adi Pranata. Silahkan dicoba. InsyaaAllah savfety, tanpa efek samping negatif. hehehe

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete