Pesan Sponsor

Saturday, 15 April 2017

Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami - Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengontrolnya untuk tetap stabil merupakan hal yang penting. Tak selalu harus dengan cara mengonsumsi obat-obatan, menurunkan tekanan darah secara alami juga bisa dilakukan dengan cara sederhana ini.




Seperti dilansir oleh detik.comJumat (15/05/2015) berikut ini ada lima langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil:

1. Berjalan cepat


Berjalan dengan langkah cepat dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Jika dilakukan dengan rutin, latihan ini akan memastikan jantung menggunakan oksigen lebih efisien.

Jika memungkinkan, cobalah melakukan jalan cepat secara rutin selama 4-5 kali dalam seminggu. Agar tak terasa memberatkan, mulailah dengan memasukkan latihan berjalan cepat setidaknya sekitar 15 menit dalam rutinitas harian Anda dan perlahan-lahan tingkatkan waktunya sebisa mungkin.

2. Tarik napas dalam


Lakukanlah beberapa teknik pernapasan dan meditasi, salah satunya menarik napas dalam dan perlahan-lahan. Hal ini dapat membantu mengurangi stres secara drastis dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Cobalah lakukan tarik napas dalam selama sekitar 10 menit setiap pagi dan malam hari.

Jika memang Anda memiliki fasilitas dan waktu, tak ada salahnya untuk mencoba bergabung dengan kelas yoga untuk mempelajari metode ini dengan tepat.

3. Perbaiki pola makan


Dalam pola makan, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak asupan yang kaya akan kalium seperti ubi jalar, tomat, jus jeruk, kentang, pisang, kacang polong, dan plum dan kismis.

Selain itu, gunakan sesedikit mungkin garam dalam masakan Anda sehari-hari. Apakah Anda memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi atau tidak, mengurangi asupan garam dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan Anda.

Cobalah mengganti garam dengan bawang putih, merica atau bumbu dan rempah-rempah lainnya. Kurangi juga konsumsi makanan instan atau makanan olahan seperti keripik kentang, nugget ayam beku, dan lain-lain.

4. Manfaatkan dark chocolate


Dark chocolate memiliki flavonol yang membuat pembuluh darah lebih elastis. Untuk lebih mendapatkan manfaatnya, pilihlah dark chocolate yang mengandung setidaknya 70 persen kakao.
 

5. Kurangi pekerjaan dan bersantailah

Jika memang pekerjaan sedang tak banyak, cobalah untuk mengurangi jumlah jam yang Anda habiskan di kantor. Pasalnya, bekerja lembur membuat Anda sulit untuk berolahraga dan makan sehat. Oleh sebab itu, pastikan Anda berada di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan dalam rentang waktu yang wajar dan tak berlebihan.

Sebaliknya, belajarlah untuk bersantai misalnya dengan mendengarkan murattal al-Quran atau sekali-sekali boleh musik yang menenangkan seperti musik klasik.

No comments:

Post a Comment