Pesan Sponsor

Friday, 14 April 2017

Sekolah di Amsterdam Melarang Siswa Bawa Jus Buah ke Sekolah

Sekolah di Amsterdam 
Melarang Siswa Bawa Jus Buah ke Sekolah

Fulsehat-Sekolah di Amsterdam Melarang Siswa Bawa Jus Buah ke Sekolah - Kenapa? Rupanya hal ini dilakukan sebagai bentuk "Memerangi Obesitas". Amsterdam tercatat sebagai kota dengan tingkat obesitas tertinggi di Belanda. Seperlima dari anak-anak di Amsterdam memiliki kelebihan berat badan.
 

Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan. Seseorang dianggap menderita kegemukan (obese) bila indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter, lebih dari 30 kg/m2. 
Kegemukan meningkatkan peluang terjadinya berbagai macam penyakit, khususnya penyakit jantung, diabetes tipe 2, apnea tidur obstruktif, kanker tertentu, osteoartritis dan asma. Kegemukan sangat sering disebabkan oleh kombinasi antara asupan energi makanan yang berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan kerentanan genetik, meskipun sebagian kecil kasus terutama disebabkan oleh gen, gangguan endokrin, obat-obatan atau penyakit psikiatri. Hanya sedikit bukti yang mendukung pandangan bahwa orang yang gemuk makan sedikit namun berat badannya bertambah karena metabolisme tubuh yang lambat; rata-rata orang gemuk mengeluarkan energi yang lebih besar dibandingkan orang yang kurus karena dibutuhkan energi untuk manjaga massa tubuh yang lebih besar.

Untuk memerangi obesitas, sekolah-sekolah menerapkan aturan yang mewajibkan siswa membawa bekal makanan bergizi, tidak termasuk jus buah. Koordinator guru dari Sekolah Dasar De Achtsprong, Wilbert Sawat mengatakan, semua siswa harus membawa air putih atau susu ke sekolah.

"Tidak boleh bawa jus. Orang tua siswa awalnya protes, menganggap jus itu lebih sehat karena mengandung buah," ujarnya, seperti dikutip The Guardian, Sabtu (15/4). Padahal, sambung Wilbert, jus buah yang mengandung gula tak baik bagi mereka. 

Tak hanya itu, sekolah juga melarang perayaan ulang tahun dengan cupcakes. Pada 2007, De Achtsprong berada di posisi tiga teratas sekolah di Belanda dengan tingkat obesitas siswa tertinggi. Saat ini, sekolah tersebut berhasil memperbaiki posisinya sehingga 'hanya' masuk dalam daftar 100 besar. 

Program memerangi obesitas juga didukung oleh pemerintah kota setempat. Kota Amsterdam menolak mensponsori acara yang didanai oleh Coca Cola dan McDonalds. Bahkan, McDonalds telah sepakat untuk tidak menjual makanan cepat saji mereka pada konsumen anak yang datang tanpa orang tua. 

Sejumlah upaya tersebut pada akhirnya berhasil membawa perubahan. Selama periode 2012-2015, jumlah anak obesitas di Amsterdam turun sebanyak 12 persen.

Sumber ulasan: id.wikipedia.org dan republika.co.id

No comments:

Post a Comment